Saturday, August 11, 2012

Mereka Kobarkan Semangat Nasionalisme Lewat Lagu

Lagu adalah bahasa universal yang bisa diterima oleh siapa saja. Di zaman kemerdekaan, lagu juga digunakan sebagai pembangkit semangat nasionalisme para pejuang.
Hingga kini cara tersebut masih dipakai oleh para musisi muda yang ingin mengibarkan semangat nasionalisme. Bagi mereka dengan lagu bisa mempersatukan seluruh Indonesia dan bangga sebagai warga negaranya.

Siapa saja pemekik semangat nasionalisme di abad 21 ini?

1. Netral

Sepakbola sebagai permainan rakyat di Indonesia menjadi salah satu alasan grup Netral membuat lagu ini. Bagaiman tidak, Seluruh masyarakat bergabung menjadi satu untuk mendukung Timnas bertanding.
Sebuah lagu yang memiliki semangat akan berkebangsaan dan cinta tanah air. Garuda di Dadaku seakan menjadi anthem nasional di abad ini.

2. Cokelat

Jarangnya anak muda yang hafal lagu kebangsaan membuat Cokelat memiliki ide untuk mendaur ulang. Mereka pun mendaur ulang dengan konsep yang lebih fresh dan nge-rock untuk memunculkan semangat di setiap lagunya.
Ide Cokelat ternyata efektif, lagu ini pun mendapat sambutan yang sangat baik. Daur ulang ini membuat beberapa lagu kebangsaan menjadi dikenal lagi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

3. Endah N Rhesa

Pada tahun 2011 silam, Endah N Rhesa membuat sebuah proyek benefit untuk menimbulkan semangat nasionalisme. Proyek bernama Halo ACI (Aku Cinta Indonesia) ini melibatkan banyak musisi seperti RAN, White Shoes and Couple Company dan lain-lainnya.
Mengenai proyek ini, Endah menjelaskan bahwa ini atas gagasan dari Miazo yang melihat isu nasionalisme sangat penting bagi kaum urban. Di proyek ini memang ditujukan kepada kaum urban untuk membangun kesadaran akan hal ini.
Album kompilasi ini telah dirilis tahun 2011 lalu dan diedarkan secara gratis dnegan jumlah yang sangat terbatas.

4. Yovie And Nuno

Single Kita Bisa adalah anthem bagi para atlet yang bertanding di SEA GAMES XXVI 2011. Selain itu lagu ini juga menjadi penyemangat para atlet Indonesia yang kali ini menjadi tuan rumah.
Di luar konteks pesta olahraga seluruh negara Asia Tenggara, lagu ini juga bisa menjadi anthem nasional bagi masyarakat Indonesia. Sebuah lagu yang memiliki semangat untuk pantang menyerah dan terus berjuang.

5. Pee Wee Gaskins

Sebuah anthem nasionalis juga didendangkan oleh genarsi muda yang tergabung dalam band bernama Pee Wee Gaskins. Kepedulian mereka akan negara ini membuat mereka menuliskan sebuah lirik yang bagus berjudul Dari Mata Sang Garuda.
Dikemas dengan musik yang energik dan segar membuat lagu ini mudah diterima terutama untuk kalangan anak muda. Pee Wee Gaskins mengajak seluruh generasi muda untuk terus berkarya dan membangkitkan serta mengharumkan nama bangsa.

6. Power Slaves

Power Slaves coba memberikan imej baru dari rock and roll. Jika biasanya rock and roll identik dengan urakan kali ini band asal Semarang ini membuktikan bahwa mereka juga bisa memberi kontribusi untuk Indonesia.
Lewat lagu berjudul Indonesia, Power Slaves pun memberikan pandangannya terhadap rasa cinta kepada bangsa dan negara. In merupakan persembahan para rocker untuk Republik tercinta ini.

7. Twentyfirst Night

Hilangnya semangat nasionalisme dan banyaknya masalah yang terjadi di Indonesia membuat pemuda-pemuda di Twentyfirst Night ini terketuk hatinya. Dari isu ini lahirlah sebuah lagu yang memiliki semangat naioanlisme tinggi.
Twentyfirst Night mencoba mengajak seluruh masyarakat untuk menumbuhkan rasa cintanya kembali kepada tanah airnya. Dia juga memberi semangat akan kebanggan sebagai warga negara indonesia.

8. Ramondo Gascaro, Mian Meuthia dan Mian Tiara

Sebuah karya yang mengena sekali baik dari musik dan liriknya. Single berjudul Kucinta Indonesia yang dilantunkan oleh Ramando Gascaro yang merupakan personel Sore serta duo kembar Mian Meuthia dan Mian Tiara.
Jangan dipandang dari nama musisinya, namun dari karya yang dihasilkan yang mengingatkan kita akan karya Guruh Gypsy. Lagu ini kental sekali dnegan nauansa baroque pop era tahun 70 dan 80-an. Walau seakan terdengar klasik, namun lagu ini catchy dan enak untuk didengarkan.

9. Kotak

Sepakbola memang menjadi pemersatu setiap negara, tak terkecuali Indonesia. Sepakbola adalah permainan yang digemari seluruh laipsan masyarakat Indonesia.
Terlebih dengan munculnya bakat-bakat baru yang bersinar di lapangan membuat Kotak terinspirasi untuk membuat single berjudul Tendangan Dari Langit. single ini sebenarnya menjadi sounctrack untuk film yang memiliki judul yang sama.
Film itu sendiri memiliki cerita seorang pesepakbola yang memiliki impian untuk berkiprah di kancah internasional sekaligus mengharumkan nama bangsa.

10. Brandnewstorm

Tahun 2011 lalu banyak sekali band yang mengusung tema-tema nasionalisme dalam lagunya. Hal ini menjadi pertanda bagus bagi negara ini dengan banyaknya kesadaran warganya untuk bangga dalam bernegara.
Brandnewstorm juga menyisipkan karya nasionalisme dengan lagu berjudul Di Jiwaku Ada Kamu, Indonesia. Band bentukan Badai Kersipatih ini tak ingin dianggap latah dan ikut-ikutan, mereka mengatakan bahwa lagu ini terinspirasi dari banyak hal yang terjadi di Indoneisa.
Badai menjelaskan jika Indonesia membutuhkan pemicu untuk bersemangat kembali dari keterpurukan. Lagu ini juga bermakna luas dan tak hanya untuk olahraga saja.

---------------------------

sumber: Klik Disini

No comments:

Post a Comment