Friday, August 10, 2012

From Peterpan To NOAH

From Peterpan To NOAH

Pergantian nama yang dulu Peterpan menjadi Noah adalah sebuah gambling terbesar bagi band asal Bandung ini. Tak hanya itu, sebelumnya mereka juga di hadapkan apakah bisa seperti dulu atau tidak.
Sebagai sebuah band, mereka mereka memiliki sebuah kisah yang menarik. Dari kebahagiaan hingga sedih pun mereka alami, namun tak menyurutkan langkah band ini. Berikut kisah sebuah band fenomenal yang terus berkarya.

1. Prelude
Jauh sebelum bernama Peterpan atau Noah, band ini memiliki nama Topi. Adalah seoarang keyboardis bernama Andika pada 1997 berinisiatif untuk membentuk sebuah band bersama adik kelasnya di SMU 2 Bandung yaitu, Uki (gitar), Abel (bass) dan Ari (drum)
Uki pun mengajak Ariel yang merupakan teman SMPnya untuk mengisi vokal. Dengan formasi lengkap, Topi Band pun merambah panggung-panggung di sekitaran Bandung. Sayangnya karir Topi hanya sebentar karena drummernya mengundurkan diri.

2. Berdirinya Peterpan
Setelah sempat vakum lama dan tak ada kabar, akhirnya pada tahun 2000 Andika pun mengumpulkan kembali personil Topi Band. Andika juga menambah personel baru untuk mengisi drum (Reza) dan menambah satu gitaris lagi (Lukman).
Andika juga mengganti nama band tersebut dengan Peterpan yang dikukuhkan pada 1 September 2000.

3. Dari Kompilasi Ke Album
Untuk menambah jam terbang sekaligus mengenalkan Peterpan kepada publik, keenam orang ini merambah cafe-cafe di Bandung. Cafe O'Hara dan Sapu Lidi menjadi langganan tempat Peterpan manggung dengan mengusung lagu-lagu top 40 dan alternative rock yang menjadi hits di tahun 2000-an.
Di cafe Sapu Lidi lah impian Peterpan terwujudkan. Penampilan mereka berhasil mencuri perhatian Noey bassis Java Jive yang tengah nongkrong. Noey yang memiliki proyek untuk membuat kompilasi pun mengajak band ini.
Pertemuan Peterpan dengan Noey menjadi titik balik bagi band ini. Pasalnya di album kompilasi yang bertajuk Kisah 2002 Malam, lagu Peterpan lah yang menjadi jagoan dan mendongkrak penjualan sampai di atas 150.000 kopi.

4. And the Road Open Wide
Nama Petepan pun sering diperbincangkan karena singlenya yang dianggap sangat bagus. Hal ini sampai juga di telinga Musica untuk meminang keenam pemuda ini.
Tak ingin kehilangan moment, Musica pun mempercepat pengajuan kontrak debut album Peterpan. Pada Juni 2003 debut album bertajuk TAMAN LANGIT pun rilis. Fantastis, album ini terjual di atas angka 650.000 kopi dan Peterpan memperoleh Multi Platinum.
Selang setahun kemudian, Peterpan merilis kembali album bertajuk BINTANG DI SURGA (2004). Peterpan kembali menuai sukses dengan penjualan 350.000 kopi dalam waktu 2 minggu. Angka penjualan terus melonjak hingga tercatat sebanyak 3 juta kopi.
Peterpan juga kembali meraup sukses dengan debut sountracknya pada film ALEXANDRIA (2005). Selang 2 tahun kemudian Peterpan kembali merilis album HARI YANG CERAH yang dibilang sukses menyedot pangsa pasar kala itu. Meski dalam penggarapan album ini, Peterpan tengah menghadapi prahara yang besar.

5. 'HARI YANG CERAH' Tiba Usai Prahara
Saat menggarap album keempat, Peterpan menghadapi sebuah masalah yang berujung pada perpecahan personil. Pada tanggal 4 November 2006, Andika dan Indra resmi keluar dari band.
Lantaran sedang menggarap album, Peterpan pun merekrut David dan Lucky untuk menjadi additional. Pada 26 Mei 2007 Peterpan pun meluncurkan album HARI YANG CERAH. Launching ini sendiri dibilang cukup berani, karena Peterpan meluncurkan di 2 negara, yaitu Kuala Lumpur pada 25 Mei 2007 dan 28 Mei di Bandung yang ditayangkan secara langsung di 6 stasiun televisi.
Launching HARI YANG CERAH menyiratkan bahwa Peterpan masih ada dan lepas dari sebuah prahara. Album ini juga menjadi album terakhir mereka memakai nama Peterpan, lantaran Andika merasa keberatan.

6. Bertahan dan Raih Awards
Karya-karyanya yang bagus membuat Peterpan mendapat ganjaran berupa penghargaan. Sejak awal karir hingga saat ini sudah banyak penghargaan yang telah diraih.
Berikut daftar penghargaan yang telah diterima Peterpan.
Tahun 2002
Rookie of the Year 2002 versi Majalah Hai
Tahun 2004
- Grup Pendatang Baru Ter-Ngetop SCTV Music Award
- Rekor MURI – Konser Maraton 6 Kota 24 Jam - 18 Juli 2004
Tahun 2005
- Best Favorite - Artis Indonesia MTV Asia Award - Februari 2005
- Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award - Mei 2005
- Lagu Paling Ngetop, SCTV Music Award - Mei 2005
- Band Paling Ngetop di SCTV Award - Agustus 2005
- Penjualan Album Terbaik Sepanjang Tahun, MTV Music Award – September 2005
- Grafis desain album terbaik Bintang di Surga AMI Awards 2005 - November 2005
Tahun 2006
- Best Favorite - Artis Indonesia MTV Asia Award - April 2006
- Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award - Mei 2006
- Video of The Year: Bintang di Surga, MTV Indonesia Award(Peterpan)
Tahun 2007
- Best Contribution Award, Asia Song Festival, Korea
Tahun 2009
- Video Klip TerDahsyat "Walau Habis Terang", Dahsyatnya Award - April 2009
- Band TerDahsyat, Dahsyatnya Award - April 2009
- Lagu Terbaik versi majalah Rolling Stone dengan lagu "Kukatakan Dengan Indah"
- Band Terfavorit, Indonesia Kids Choice Awards
- Peterpan "Most Inspiring Artist", MTV Indonesia 25 November 2009
Tahun 2010
- Ariel, Penyanyi Terbaik versi Rolling Stone
Tahun 2011
- Ariel, "The Talk Of The Nation", versi Rolling Stone

7. Ariel Dipenjara
Setelah kabar perpecahan dengan hengkangnya 2 personil, Andika dan Indra, serta permintaan Andika untuk tidak memakai nama Peterpan, mereka mendapat ujian lagi. Ariel ditangkap oleh polisi lantaran munculnya kasus adegan mesum seseorang yang mirip dengannya.
Sontak seluruh aktivitas Peterpan yang saat itu tengah menggarap album baru terhenti. Sempat muncul rumor bahwa Peterpan akan bubar, namun hal ini dibantah oleh personil lainnya yang akan tetap menunggu hingga Ariel bebas.

8. Munculnya 'SUARA LAINNYA'
Selama Ariel dipenjara, personil Peterpan lainnya juga tetap aktif membuat lagu. Bahkan mereka merilis album SUARA LAINNYA tanpa memakai nama Peterpan melainkan nama masing-masing personel.
SUARA LAINNYA merupakan album instrumental yang berisikan lagu-lagu lama yang diaransemen ulang serta menampilkan musisi lain untuk berkolaborasi. Momo Geisha pun didaulat untuk menyanyikan beberapa lagu.
Uki, Lukman, Reza, dan David juga sempat menggelar roadshow untuk menghibur penggemarnya di beberapa kota. Saat tampil mereka dibantu oleh vokalis band lain yang berbeda di tiap kotanya.

9. Lahirnya NOAH
23 Juli 2012 menjadi hari yang bergembira bagi Uki, Lukman, Reza dan David serta para penggermarnya dengan dibebaskannya Ariel. Mereka sangat antusias dan siap untuk kembali ke industri musik Indonesia.
Kebebasan ini tak membuat Ariel bermalas-malasan. Dia pun segera berkutat bersama bandnya untuk mengejar ketertinggalan dan menyiapkan single serta album baru.
Pada 2 Agustus 2012 Ariel, Uki, Lukman dan David mengumumkan nama NOAH untuk menjadi pengganti Peterpan. Nama ini sebenarnya telah ada sejak tahun 2010 lalu namun baru diungkapkan saat ini.
Selang beberapa hari berikutnya NOAH pun merilis single pertama bertajuk Separuh Aku. Sebelumnya lagu ini sempat bocor di youtube, bahkan ada beberapa orang yang telah mengcovernya.
Pun begitu bisa dinilai bahwa semua orang merindukan karya Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David yang saat ini bermutasi menjadi NOAH. Pada bulan September mendatang NOAH akan merilis albumnya.

No comments:

Post a Comment