Sunday, July 8, 2012

Lagu Apik Buat Sahabat Setia

Selama ini lagu bertema cinta masih menjadi tema favorit bagi kebanyakan musisi. Tema cinta memang lebih mudah mendapat tempat di hati penggemar musik dan tak akan lekang di makan waktu.
Begitu pula dengan lagu bertema persahabatan. Sejumlah musisi baik dari dalam negeri maupun mancanegara tampaknya ingat bahwa hidup tidak hanya membutuhkan cinta dari pasangan, namun juga kasih sayang dari sahabat.

1. Kepompong - Sindentosca

Lagu Kepompong dari Sindentosca begitu populer karena memiliki lirik yang unik. Namun sayangnya nama Sindentosca langsung tenggelam setelah popularitas Kepompong mulai memudar.
Dalam lagu ini, Sindentosca menceritakan bahwa persahabatan layaknya bagai kepompong yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Di sini, Sindentosca mengibaratkan sebuah proses persahabatan pada akhirnya akan berubah menjadi kupu-kupu walaupun harus lebih dulu menjadi ulat. Melalui persahabatan atau 'kepompong' itu, kita bisa menjadi seseorang yang lebih baik.

2. Sahabat Sejati - Sheila On 7

Awal tahun 2000, Sheila On 7 kembali menghentak panggung musik Indonesia lewat album mereka, KISAH KLASIK UNTUK MASA DEPAN. Lewat single Bila Kau Tak Disampingku dan Sephia, Sheila On 7 benar-benar mencuri perhatian.
Selain 2 single tersebut, salah satu lagu yang langsung jadi favorit para penggemar Sheila On 7 adalah Sahabat Sejati. Lirik berkualitas yang disajikan Eross membuat lagu ini seolah menjadi soundtrack persahabatan tiap remaja di era tahun 2000.

3. I'll Be There for You - The Rembrandts

Rasanya I'll Be There for you dari The Rembrandts adalah salah satu lagu persembahan dari era 90-an yang tak akan bisa dilupakan. Lagu ini sangat populer setelah menjadi soundtrack dari serial televisi, FRIENDS.
Lirik lagu ini bercerita tentang saat-saat terburuk, saat lelah setelah bekerja, mengalami pahitnya cinta. Namun apa pun masalah yang dihadapi, setidaknya akan ada selalu ada sahabat yang setia menemani.

4. Graduation (Friends Forever) - Vitamin C

Entah sudah berapa kali lagu Graduation (Friends Forever) milik Vitamin C ini diputar di acara wisuda di luar negeri. Suguhan lagu pop ditambah lirik yang indah membuat lagu ini sangat populer di awal milenium.
Lagu ini memang bertema tentang wisuda sebuah sekolah. Vitamin C ingin menegaskan wisuda bukanlah perpisahan, namun langkah awal untuk terbang lebih tinggi tanpa meninggalkan persahabatan.

5. Untuk Sahabat - Audy (feat. Nindi)

Audy menegaskan bahwa arti sahabat kadang lebih penting dari kekasih lewat lagu Untuk Sahabat. Bersama Nindi, ia mengungkapkan seorang kekasih bisa saja meninggalkan kita, namun tidak bagi sahabat. Dan sudah menjadi tugas seorang sahabat untuk menghibur, terutama di saat-saat sedih.

6. Best Friend - Weezer

Di lagu ini, Weezer menceritakan arti penting keberadaan seorang sahabat dalam kehidupan. Bagi mereka, tak ada yang bisa menggantikan posisi seorang sahabat. Mereka adalah cahaya dalam kegelapan.
Lagu yang diambil dari album MAKE BELIEVE ini jelas ditujukan Weezer bagi seoang sahabat spesial mereka. Bahkan ungkapan rasa cinta mereka pada sahabat terus diulangi pada bagian reff lagu ini.

7. Sahabat - Peterpan

Siapapun setuju Peterpan memiliki kekuatan tersendiri pada lirik lagu yang mereka ciptakan. Tak hanya ahli menulis lirik tentang manis pahitnya cinta, Ariel dan kawan-kawan juga membuktikan bahwa mereka mampu menulis lirik indahnya persahabatan.
Di lagu Sahabat, Ariel menceritakan bahwa ia tidak bisa berbuat banyak ketika tak ada sahabat di sampingnya. Mungkin ini pula yang membuat Peterpan menjuluki para penggemarnya dengan sebutan Sahabat Peterpan.

8. I'll Be There - The Jackson 5

Banyak yang bilang I'll Be There dari The Jackson 5 merupakan lagu persahabatan yang terbaik dari yang pernah ada. Michael Jackson dan saudara-saudaranya. Dirilis tahun 1970, lagu ini masih sering diputar hingga sekarang.
Michael kecil dan saudara-saudaranya menyanyikan lagu ini dengan begitu mans dan polos. Penekanan pada lirik 'Just call my name, and I'll be there' benar-benar menunjukkan betapa penting arti persahabatan.

9. True Friend - Hannah Montana

Lagu ini bercerita tentang sepasang sahabat yang ingin menjaga satu sama lain agar tetap rendah diri. Hannah Montana menekankan agar sang sahabat tetap tak peduli dengan apapun yang akan terjadi. Bagi Montana, teman yang baik akan selalu berada di samping kita baik dalam keadaan sedih ataupun senang.

10. Belum Ada Judul - Iwan Fals

Mungkin Belum Ada Judul adalah salah satu karya terbaik dari musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals. Berisi lirik yang tegas dan jujur, lagu ini makin 'meledak-ledak' dengan paduan suara khas milik Iwan Fals.
Dalam lagu ini diceritakan bagaimana perjuangan sepasang sahabat dalam menjalani kerasanya roda kehidupan. Seiring waktu yang terus berjalan, Iwan mencoba mengingatkan apakah sang sahabat masih ingat dengan masa-masa susah yang pernah mereka jalani.

11. Nidji - Arti Sahabat

Lagu ini menceritakan tentang arti sahabat yang sesungguhnya.

12. Cherry Belle - Best Friend Forever
Di lagu yang nadanya mirip dengan salah satu lagu SNSD ini, menceritakan bahwa sahabat tempat berbagi segalanya.

13. Super Girles - Aw Aw Aw

Sebuah lagu ceria yang menceritakan bahwa sahabat dapat menghapuskan setiap luka yang kita alami.

No comments:

Post a Comment