Saturday, June 13, 2015

AKB48 41st Single senbatsu member speech (Indonesian translation)

Senbatsu member :

16. Muto Tomu
15. Shibata Aya
14. Takayanagi Akane
13. Matsumura Kaori
12. Watanabe Miyuki
11. Kitahara Rie
10. Yokoyama Yui (Yuihan)
9. Shimazaki Haruka
8. Miyazawa Sae
7. Miyawak iSakura
6. Yamamoto Sayaka
5. Matsui Jurina
4. Takahashi Minami
3. Watanabe Mayu
2. Kashiwagi Yuki

dan centernya adalah SASHIHARA RINO (HKT48 Team H)!

---------------------------------------------------------------------------------------
16th position - Muto Tomu (AKB48 Team K)



Aku Muto Tomu dari AKB48 Team K. Terima kasih banyak untuk posisi ke-16! Hatiku meluap, dan sejak saat inilah pertama kalinya untukku yang bisa berdiri di sini dan berbicara, aku sangat tidak tahu apa yang akan dikatakan. Tetapi, aku sanggat bahagia! Ya.

4 tahun lalu, aku masuk AKB48 sebagai kenkyuusei generasi ke-12. Saat itu, kapanpun kami berbicara satu sama lain tentang berhenti, rasanya aku selalu dibicarakan (bahwa) aku adalah (member) yang pertama keluar (graduated/ resign).

Tapi, di pemilihan pertama, aku menjadi center Future Girl. Tahun berikutnya, di Next Girls. Kemudian, tahun kemarin, Undergirls. Kemudian... tahun ini, aku dapat menempati posisi 16 orang senbatsu. Terima kasih banyak.

Di antara staff AKB48 dan fans, ada beberapa orang yang menyebut sousenkyo sebagai "festival". Tetapi aku tidak percaya hal itu.

AKB48 sousenkyo, bagiku, adalah satu kali setahun untuk mendapat kesempatan.

Untuk seseorang sepertiku, member yang tidak diduga bisa melakukan yang terbaik, tahun inilah di event setahun sekalilah suatu kesempatan agar namaku diingat, dan untuk keberadaanku diketahui.

Oleh karena itu, saat ini, untuk member lainnya sepertiku yang tidak diharapkan, bersama-sama dengan fans kalian, jika kita bersama-sama dan bekerja untuk mencapai tujuan, kita dapat meraih sinarnya. Aku pikir aku membuktikannya.

Di AKB48 group, banyak member yang bersinar, di tempat seperti theater, yang tidak kalian temukan.

Jadi, sepertiku... sepertiku? Mungkin aneh untuk mengatakan bahwa, aku percaya, aku telah menunjukkan bahwa siapa pun dapat merebut kesempatan ini dan melihat cahaya. Jadi, untuk semua penggemar dan anggota lainnya, aku tidak ingin kalian menyerah. Aku pikir, ada banyak orang berpikir, "siapa kamu ?!" Aku merasakan hal yang sama... terima kasih... Lagi pula, itulah yang aku inginkan untuk semua orang.

Mungkin, para anggota yang bersinar, juga dilihat oleh anggota lainnya dan staf, aku pikir penggemar mengenal kami lebih baik daripada orang lain ... Jadi, aku ingin para fans untuk tetap mendukung 48 group.

Senbatsu, yeah… sampai saat ini, aku hanya menjadi bagian dari 32 orang senbatsu. Untukku, inilah pertama kalinya menjadi bagian top 16.

Senbatsu... hmm, sampai saat ini sangatlah berbeda. Sampai saat ini, aku pernah meraih posisi ke-49, ke-45, dan ke-24... posisi yang bagus.

Tapi, sungguh, posisi ke-16 sangatlah spesial. Sangat berbeda, karena menjadi top 16 artinya akan menjadi wajah AKB48. Aku tidak bisa mengatakan aku tidak khawatir. Sampai sekarang, aku tidak percaya aku berbicara di sini, tanganku gemeteran. Aku sangat takut.

Tapi, seperti ini, ketika aku berpikir tentang fans yang mendukungku, aku bisa mencoba yang terbaik dan terus bergerak maju. Untuk semua orang yang mendukungku, mereka yang memilihku, keluargaku yang mendukungku, teman-teman, kenalan dan mereka yang dekat denganku, dan tentu saja kalian semua, sangat, terima kasih banyak!

---------------------------------------------------------------------------------------

15th position - Shibata Aya (SKE48 Team E)




Aku Shibata Aya dari SKE48, Team E. Kepada semuanya, terima kasih banyak.

Aku tidak bisa tidur saat musim general election. Hatiku berdebar dan aku merasa tertekan, tapi aku sangat senang karena merasakan dukungan dari semua orang.

Akhir-akhir ini, banyak member SKE48 yang lulus (graduate).

Bagiku, kelulusan adalah langkah berikutnya menuju mimpi. Aku tidak merasa itu hal yang sedih ataupun buruk. Tapi, saat event handshake, banyak orang bertanya, "Apakah SKE baik-baik saja?".
Memang benar bahwa member yang graduated adalah member yang mengagumkan, dan banyak yang lebih manis dan mempunyai kemampuan yang lebih dariku. Setiap kali seseorang bertanya kepadaku, itu membuat sedikit frustasi. Grup SKE48, aku juga termasuk di dalamnya, aku rasa adalah idol grup terbaik di dunia.

Terlebih, aku berpikir bahwa SKE48 mempunyai masa depan yang cerah.

Jadi, ada banyak member yang mengagumkan yang akan kalian temukan. Ketika aku di SKE48, di SKE48 aku merasa sangat berterima kasih, aku ingin melakukan yang terbaik untuk mendorong para member junior yang sudah mencapai 7 generation.

Namun, aku tidak punya niat untuk menghasilkan. Mulai sekarang, dengan segala kekuatanku, aku ingin melakukan yang terbaik menjadi dinding bagi para member junior untuk mengatasi (segalanya).

Tahun lalu, aku dapat menjadi senbatsu ke #15, dan tahun ini juga ke #15. Tentu sulit untuk bangkit, tapi aku juga menyadari bahwa sangat sulit untuk mempertahankan posisi.

Tahun lalu, karena pengalamanku yang kurang, menyebabkan anggota lain tidak nyaman.
Tahun ini, aku berencana untuk tidak terlalu menatap kamera ketika aku tampil di music show.
Aku tidak bermaksud sengaja. Aku berencana untuk berhenti melebarkan mataku, dan mengecilkan fokus mataku.

Aku begitu cinta dengan SKE48. Terima kasih banyak untuk hari ini.

---------------------------------------------------------------------------------------

14th position - Takayanagi Akane (SKE48 Team KII)




Aku Takayanagi Akane (dipanggil Churi), member SKE48 Team KII.

Aku selalu mengikuti setiap election, dan saat ini menjadi electionku yang ke-7. Dan setelah 7 kali mencoba, akhirnya aku bisa masuk senbatsu!

Pertama, tolong biarkan aku mengatakan sesuatu. Sungguh, sungguh, sungguh, sungguh, terima kasih banyak!

Banyak yang terjadi di tahun ini. Untuk diriku sendiri, pertama kalinya aku menjalani concurrent position (posisi ganda) dengan grup NMB48. Ini tahun yang benar-benar memuaskan.

Dari semuanya, 48 group mengalami perubahan generasi, dan bahkan di SKE, posisi center juga berganti.

Umm... sejak single ke 2 SKE48, Aozora Kataomoi, aku selalu berada dalam lineup senbatsu, dan aku selalu merasa sangat beruntung.

Tapi, jujur, aku merasa frustasi melihat posisiku tetap turun. Tapi, aku selalu merasa perlu untuk menumbuhkan anggota junior, mereka yang bertujuan untuk masa depan SKE48, dan perlu kalian ketahui semua hal tentang itu.

Di benakku, aku mencoba mengerti hal itu, tetapi sungguh, aku sangat merasa frustasi.

Di tengah semua itu, member yang paling dekat dengaku yang selalu mendukungku, telah graduate...

Aku tahu saat member graduate penuh gelisah dan karena aku mudah menagis, aku cemas terhadap fansku. Tetapi, sekatang aku dapat menceritakan kepadamu, dengan senyuman di wajahku, "Aku di senbatsu!"

Juga, ketika aku berpikir tentang pemilihan ini, yang membuatku lebih frustasi adalah ibuku... ibuku, ketika aku tidak muncul di TV show, dia menulis mail kepadaku dan berkata, "Kamu tidak tampil terlalu banyak hari ini, benarkah?" dan hal-hal seperti, "Itu akan hebat jika mereka lebih memunculkanmu!" Tetapi, suatu hari dia menangis ketika berkata "Aku ingin melihatmu bernyanyi di barisan depan". Untuk 7 tahun ini, untuk ibuku, orang terdekat yang paling mendukungku, aku sangat yakin jika aku sanggup untuk membalas kebaikannya.

Hanya satu, dengan senyuman di wajahku, aku ingin menceritakan kepada ibuku dengan bangga, bahwa aku telah menjadi bagian senbatsu. Aku mencoba yang terbaik, dengan kalian semua, dan karena telah mengizinkanku untuk berdiri di sini, sungguh, sungguh, setelah 7 tahun, aku sangat bangga Aku tidak akan menyerah.

Seperti yang Aya-chan baru saja katakan, aku juga percaya bahwa SKE48 punya banyak hal untuk maju.

Sebagai bagian dari senbatsu, dan sebagai perwakilan SKE48, aku akan melakukan yang terbaik agar dikenal banyak orang. Dan aku juga ingin memimpin member junior yang tetap bekerja dengan caranya sendiri.

Aku tidak yakin jika aku menginginkan hal ini, jika para fans berdiri, aku ingin melakukan "Akane machuri" ini

(MC : Oh, apakah kamu berpikiran seperti ini?!)

Terima kasih!
Aku memikirkan slogan ini 4 tahun yang lalu, dan itu sesuatu yang selalu aku katakan hanya ketika musim panas. Aku tidak berpikir ini akan benar akan diketahui dengan baik, jadi aku berterima kasih. Jika oke, ketika aku bilang "Akane Machuri!" tolong katakan, "Churi Churi!" dengaku.

Oke, 2015 Akane Machuri belum berakhir!! Mari kita pergi! Bersama-sama... Akane Machuri! Terima kasih banyak!!

---------------------------------------------------------------------------------------

13rd - Matsumura Kaori (SKE48 Team KII)




Aku Matsumura Kaori (dipanggil Kaotan), dari SKE48.

Matsumura masuk single AKB! Aku benar-benar tidak percaya.

Mari kita lihat. Tahun ini, sesuatu yang benar-benar hebat terjadi. Baru saja, seperti yang dikatakan Tokumitsu-san, pada bulan Maret tahun ini, ada aturan tak tertulis bahwa "Lifetime Honorary Research Student" tidak dapat di promote. Tapi, sebelum aku mengetahuinya, aku di promote ke Team KII.

Eh, maaf, sepertinya ada banyak orang yang pergi ke kamar mandi. Tolong jangan mengganti channel!

Mari kita lihat, ada apa lagi. Syukurlah, aku hanya membuatnya untuk hari ini. Kalian tahu, aku benar-benar akan botak!

Tahun lalu juga, perlahan, tapi pasti, rambutku mulai tumbuh. Pengobatan untukku berakhir. Aku memakai topi, sehingga aku tidak bisa menunjukkannya, tapi aku begitu bahagia karena rambutku tumbuh. Aku tidak bisa mengatakan nama rumah sakitnya, tapi ke klinik Dr. Takasu, terima kasih banyak. Benar-benar (terima kasih).

Sesuatu yang membuatku paling senang, aku benar-benar bahagia bisa berdiri di atas panggung ini.

Aku menghabiskan 5 1/2 tahun sebagai research student. Kata Takamina, "Kerja keras akan selalu
dihargai", selalu berada dalam hatiku. Terutama ketika aku membuat bahan bercanda, atau menjadi lelucon. Aku benar-benar menyukai kata itu. Ketika bekerja, banyak research student yang bergabung. Aku benar-benar buruk dalam bernyanyi, dan tidak bisa dance, dan wajahku sangat jelek. Ketika aku berpikir tentang apa yang dapat kulakukan untuk memimpin anggota junior, aku ingat bahwa, "Kerja keras akan selalu dihargai," dan aku memcoba memberikan contoh bagaimana caraku hidup. Apa yang bisa kutinggalkan adalah kehidupan (di) SKE48.

Dengan ini, aku menjadi member senbatsu... terima kasih... aku berharap bahwa aku bisa
dipanggil senbatsu menjadi bukti, walaupun sedikit, "Kerja keras akan selalu dihargai".

Aku yang tertua di SKE, tapi aku masih ingin melakukan yang terbaik.

Aku masih ingin berada di posisi menakutkan ini. Jadi, mungkin akan sulit untuk melihatku di TV show, tapi juga, Sasshi masih berada disini, jadi mungkin akan baik-baik saja.

Jadi tolong, aku berharap kalian tetap mendukung SKE48 dan juga diriku. Terima kasih banyak.

---------------------------------------------------------------------------------------

12nd - Watanabe Miyuki (NMB48 Team BII / AKB48 Team B kennin)




Aku Watanabe Miyuki, NMB48 Team BII, posisi ganda dengan AKB48 Team B. Semuanya! Untuk kalian semua yang telah mendukungku! Sungguh, terima kasih banyak. Aku bisa kembali ke posisi ini (posisi senbatsu). Terima kasih banyak.

Umm... tahun kemarin, aku menyebabkan banyak frustasi di antara para fans saat itu. Tetapi hari ini, setelah melihat wajah kalian tersenyum, aku sangat lega. Aku sangat senang, sangat senang. Terima kasih banyak.

Sejujurnya, Sayaka-chan, orang yang selalu menjadi sainganku, telah berjalan lebih jauh di depanku. Ketika aku melihatnya, sesekali aku berkata "Apa yang harus kulakukan?" atau "Apakah ini keputusasaan?". Tetapi, di saat itu, banyak fans yang mendukungku; saat acara jabat tangan, mereka menyemangatiku. Dan tahun lalu, aku bisa memenangkan turnamen suit (gunting - batu - kertas) dan membuat solo debutku. Aku kadang-kadang pergi melangkah sendiri, tapi pada "kekuatan penuh" diriku, arah bahkan angin tampaknya berubah, dan aku bisa menemukan kekuatan untuk melihat ke depan.

Juga, apa yang paling aku pikirkan, adalah NMB48 diisi oleh banyak member imut dan member yang menyenangkan.

Aku ingin diri kalian lebih memperhatikan NMB48, dan aku ingin kalian lebih menyukainya. Jadi, hari ini, untuk orang-orang yang telah mendukungku, dan memberikan hadiah kepadaku yaitu kembali ke senbatsu — Aku bermaksud untuk memajukan NMB48 dan menghadapi tantangan.

NMB48 tidak ingin kalah dari grup lainnya, dan aku ingin semuanya mengetahui betapa hebatnya kami!

Kemudian, uh... hari ini, aku mengganti sedikit topik. Hari ini, di siaran langsung dengan Fuji TV dengan tema "keluarga", nenekku dan ibuku datang untuk melihat sousenkyo untuk pertama kalinya.

Ketika aku kecil, dan berkata kepada ibuku, "Aku ingin makan daging!", ibuku sendiri memakan roti kari, dan membawaku ke restaurant yakiniku. Jadi hari ini, aku ingin membelikannya makan malam.

Untuk keluargaku, ku selalu berterima kasih. Terima kasih banyak. Dan... ah, terima kasih karena telah memanggil nenekku.

Dan akhirnya, seperti keluargaku yang melihat lebih seseorang sepertiku, untuk fans yang selalu mendukungku, sungguh, dari dalam hatiku, terima kasih banyak.

Terima kasih banyak atas semua kebahagiaannya. Sebagai member senbatsu, dalam rangka mempromosikan NMB48, dan melihat senyum di wajah kalian semua, mari bersenang-senang bersama. Tolong terus dukung aku. Terima kasih banyak!

---------------------------------------------------------------------------------------

11st - Kitahara Rie (NGT48)




Aku Kitahara Rie, dan aku akan dipindahkan ke NGT48. Ini sudah sudah dua tau sejak aku di senbatsu!

Karena sudah 2 tahun, piala ini terasa berat. Tetapi, perasaan ini karena kalian semua mendorongku dari belakang, dan aku bisa merasakan beratnya saat ini.

Tahun ini, aku mengatakan kepada fansku bahwa aku bertujuan untuk menempati posisi ke-12. Aku pernah di posisi ke-13 sebanyak tiga kali sampai sekarang, dan aku tidak pernah bisa mendapat (posisi) yang lebih tinggi.

Tetapi sekarang, karena kalian semua telah memberiku dorongan dari belakang, aku merasa seperti aku dapat pergi ke Niigata dengan kepala yang terangkat tinggi.

Aku menjadi perempuan Niigata dan itu mungkin menaruh beberapa jarak antara fans yang mendukung sampai sekarang. Aku harap kalian akan terus mengikutiku, dan aku ingin mereka di Prefektur Niigata agar silahkan menungguku.

Inilah tahun ke-8 ku dan sejujurnya, akhir-akhir ini aku belum bisa masuk ke senbatsu, tapi sepertinya aku masih bisa!!

Aku agak bingung bahwa aku mendapat peringkat yang lebih tinggi dari yang diharapkan, tapi aku pasti akan mengambil posisi ini tanpa rasa malu. Semua orang, kirimkan kebaikan kalian.

Terakhir, aku sangat berharap, dari lubuk hatiku yang terdalam, bahwa pembicaraanku tidak dipotong oleh ikan. Terima kasih banyak!!

MC : Kami tidak akan pergi ke iklan (maksudnya memotong pembicaraan dengan iklan)

Terima kasih banyak, (ini sungguh) hebat, aku senang!

Sebagai orang yang berpengalaman selama 8 tahun, kalian masih bisa dapat melakukan hal baru, kan?

Aku akan membuktikan kepada kalian bahwa aku masih bisa terus berjalan!

Tahun ini, termasuk diriku sendiri, hanya ada 4 member NGT48. Meskipun begitu, pada tempat ini, ada bendera NGT48 di kedua sisi, jadi aku senang mengenai hal itu. Mereka memasang bendera, dan aku mendapatkan posisi yang layak. Dengan NGT48 mencoba yang terbaik untuk mengejar kelompok lain, aku ingin melakukan yang terbaik untuk mencapai puncak.

---------------------------------------------------------------------------------------

10th - Yokoyama Yui (Yuihan) (AKB48 Team A)




Aku Yokoyama Yui, dari AKB48 Team A dan Soukantoku selanjutnya di 48 Group.

Selama hasil awal, ketika aku di peringkat ke 20, meskipun aku selalu di senbatsu dan disebut sebagai soukantoku berikutnya, aku merasa sangat sedih.

Ketika aku berpikir, "Apa yang harus aku lakukan?", Kawaei Rina-chan menghubungi aku dan berkata, "Yuihan, aku di sini, jadi ini akan baik-baik saja." Setelah itu, Iriyama Anna-chan menghubungi aku dan berkata, "Ini hanya hasil awal, jadi tidak apa-apa." Aku menyadari bahwa ada teman dekat yang mendukung aku begitu banyak seperti ini.

Apa yang harus aku lakukan...?

Dan kemudian di event jabat tangan, fans mengatakan hal-hal seperti, "Aku tidak vote sekalipun, jadi ini akan baik-baik saja." Aku sangat merasa bahwa Sousenkyo merupakan acara di mana aku menerima begitu banyak dukungan dari orang-orang.

Seperti... Aku di urutan ke 10, kan? (Tokumitsu-san: Urutan ke 10. Benar, urutan ke 10. Kamu mendapat vote lebih dari 60,000 votes. Lebih dari 60,000 orang yang mendukungmu. Harus punya kepercayaan diri yang lebih, dan berjuanglah sebagai Soukantoku!)

Sungguh, aku khawatir tentang menjadi soukantoku berikutnya, tetapi dengan Sousenkyo hari ini... Aku tidak tau...

(Tokumitsu-san: Mengapa kamu tidak mencoba untuk mengambil napas dalam sedikit-sedikit?)

(Takamina: Yui berjuanglah! Yui berjuanglah!)

(Tokumitsu-san: Ini kedua kalinya aku datang mendekatimu, Yui-chan.)

Aku berkata bahwa aku tidak akan mengambil tangan Anda, tapi aku minta maaf karena melakukan ini lagi. Seperti, bagaimana aku harus mengatakan ini ...? Aku tidak bisa melakukan apa-apa pada diri aku sendiri, tetapi jika aku melihat ke sisi seperti ini, ada anggota yang aku suka, dan suasana ini yang senpai kami telah tunjukkan kepada kami.

(Penyiar Perempuan: Takahashi Minami Soukantoku-san memberinya kata penyemangat!)

(Takamina: Yui berjuanglah!)

(Tokumitsu-san: Teman dekatmu meneriakkan dukungan mereka untuk Anda dari tempatnya. Aku pikir ini adalah kepribadianmu dan kebajikan pribadimu. Sekarang, doronglah diri bersama-sama, ucapkanlah terima kasihmu kepada orang-orang yang memilih 60.000 kali untukmu. Setelah itu, berbicara tentang bagaimana Anda ingin untuk maju dengan kelompok dan tim sebagai Soukantoku. Mengerti? Tidak apa-apakah? Apakah kamu memahami apa yang aku katakan?)

Sungguh, aku tidak percaya itu, 60.000 vote? Benarkah, benarkah, terima kasih banyak.

Mulai sekarang, generasi kita akan bertujuan untuk melihat suasana yang senpai kami telah tunjukkan kepada kami sampai sekarang. Setelah itu, kami akan menunjukkan ke kouhai kami suasana yang indah. Aku pikir itu akan menjadi indah jika AKB48 dapat berlanjut dari sekarang ke 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun ... sekitar 100 tahun dan menjadi kelompok besar, sehingga bersama-sama dengan anggota ini dalam 48 kelompok, aku ingin melakukan yang terbaik. Aku benar-benar tidak bisa melakukan apa-apa sendiri, tetapi dengan anggota ini, aku ingin tahu apakah kita akan dapat terus melihat suasana ini ... dan bersama-sama dengan fans yang menyemangati kita, dan anak-anak dan cucu mereka, terus untuk mencintai AKB selama 100 tahun ... apa yang aku katakan?

(Tokumitsu-san: Itulah Yokoyama Yui.)

---------------------------------------------------------------------------------------

9th position - Shimazaki Haruka (AKB48 Team A)




Umm... aku... Aku bukan tipe orang yang disukai banyak orang. Orang bilang bahwa sikapku tidak bagus, dan dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Tapi, searang, setelah menerima begitu banyak vote, aku merasa banyak orang yang ingin mendukungku. Aku bersyukur.

Aku tidak bisa melakukan kegiatan handshake dengan baik, dan aku tidak baik sebagai idol, tapi
untuk semua orang yang, sampai sekarang, telah mendukungku hingga ke posisi ini, aku ingin mengucapkan terima kasih.

Jadi, aku ingin membalas kepada fans yang telah mendukung. Aku tahu bahwa aku tidak bisa terus seperti ini, bergantung kepada member senior, dan general manager berikutnya, aku, diriku sendiri, telah memutuskan untuk bersama member junior untuk AKB48 chapter ke-2.

Peringkatku turun dari tahun lalu, jadi aku tidak yakin apakah aku harus mengatakan hal itu, tapi untuk semua fans AKB48, tolong pinjamkan kami kekuatan kalian!

Entah bagaimana, tolong untuk terus dukung kami, sehingga kami bisa bergerak maju!

Aku pikir aku telah membuat speech yang lebih panjang dari tahun sebelumnya, jadi aku akan menghentikannya sekarang. Terima kasih banyak!

---------------------------------------------------------------------------------------

8th positon - Miyazawa Sae (SNH48 Team SII / SKE48 Team S)




Sampai saat ini! Untuk semua yang telah mendukungku, biarkan aku memberitahukan kalian
dengan jujur, dan untuk semua yang telah vote aku, sungguh, terima kasih banyak!

Umm... tahun ini, di general election ke 7, aku mengumumkan keinginan, untuk pertama kalinya, untuk menerima ranking tertinggi. Dan keinginan itu tercapai!

Sampai sekarang, aku selalu merasa bahwa general election adalah hal yang sangat penting, dan aku merasakan banyak cinta dari banyak orang. Tapi di general election tahun ini aku merasa sedikit lebih spesial, dan merasakan banyak cinta dari fans, teman, kenalan, dan keluargaku... mereka selalu mendukungku.

Di musim panas ini akan menandakan perayaan ke tiga tahun sejak aku memutuskan pergi ke Shanghai's SNH48.

Satu alasan telah aku putuskan, karena di beberapa election, ada dinding yang tidak pernah bisa kuatasi. Itu membutuhkan waktu yang lama, tapi aku rasa, saat ini, akhirnya aku telah mematahkan dinding itu, dan aku sangat senang akan hal itu.

Beberapa tahun lalu, aku katakan, dengan sombong, di stage ini, seperti, "Penampilan kami masih belum kalah dengan member junior." Hari ini, mendengar speech dan menjadi penggemar 48 group, aku benar-benar merasakan kekuatan member junior. Jadi, aku benar-benar berpikir bahwa aku tidak bisa mengatakan hal yang sama lagi.

Berikutnya, aku bisa berasa di sini, dan ingin berdiri diatas panggung di Shanghai, karena SKE48 ada disini untukku.

Untuk SKE48, dan para fans yang mendukung SKE48, dan semua membernya, aku sangat bersyukur. Terima kasih banyak.

---------------------------------------------------------------------------------------

7th positon - Miyawaki Sakura (HKT48 Team KIV / AKB48 Team A)




Aku Miyawaki Sakura, member HKT48 Team KIV, posisi ganda dengan AKB48 Team A. Untuk semuanya yang telah mendukungku, terima kasih banyak!

Tahun lalu, fans memberiku tiket yang luar biasa untuk menuju impianku, dengan posisi ke 11.

Dengan tiket itu, aku dapat naik ke kereta api senbatsu.

Tempat yang senbatsu bawakan, benar-benar tempat yang penuh keajaiban, penuh dengan impian.

Tapi, pergerakan senbatsu begitu sepat. Bahkan ketika aku mengikutinya, aku berusaha keras menjaganya dengan member senior. Dan itu membuatku menyadari bagaimana kekuatan kecil yang aku punya.

Aku begitu terganggu, tapi aku tidak yakin mengapa (itu terjadi). Aku melihat diriku sendiri di Tokyo, dan setiap hari aku merasa banyak konflik.

Namun dalam election tahun ini, aku tidak berdiri sendiri. Aku menyadari bahwa aku berjuang bersama-sama, bersama semuanya (yang ada) di sekitarku. Untuk semuanya, terima kasih banyak.

Dan juga, HKT48, sebagai sister group dari AKB48, aku berjalan melewati jalan yang telah dibuat oleh anggota senior.

Berjalan di jalan itu begitu menyenagnkan. Tapi, aku menyadari bahwa aku tidak bisa selalu bergantung pada member senior.

Di Majisuka Gakuen, aku mengatakan, "Buka jalan". Mulai sekaarang, itu bukan jalan yang telah diciptakan seniorku untukku - aku ingin berjalan menyusuri jalan yang telah aku buat untukku sendiri.

Dan tahun depan, aku ingin duduk di kursi no #1 dan menciptakan sejarah baru di AKB yang tidak pernah dilihat seneblumnya.

Mungkin ini terlalu berharap, dan mungkin terlalu berani dan kurang sopan, aku ingin menghancurkan AKB!

Bukan (menghancurkan) senior AKB yang telah membuat (semuanya). Sebaliknya, aku percaya bahwa harus menghancurkan sesuatu untuk membuat suatu hal yang baru.

Uh... mari kita lihat... mulai sekarang, sambil berpikir tentang kekuranganku, aku ingin terus maju, langkah demi langkah dengan kalian semua.

---------------------------------------------------------------------------------------

6th position - Yamamoto Sayaka (NMB48 Team N / AKB48 Team K)




Sampai sekarang, untuk semuanya yang mendukung, dan untuk semuanya yang telah vote aku, benar-benar, benar-benar, terima kasih banyak.

Tahun ini banyak member yang mengatakan ingin menjadi nomor #1. Aku merasa sangat cemas dan bertanya-tanya tentang peringkatku, dan merasa sangat tertekan.

Tapi, melalui event handshake dan komentar di SNS, bahkan setelah pengumuman awal, banyak orang mengatakan hal yang mengharukan kepadaku. Meskipun hanya aku seorang, aku tidak sendirian. Aku sangat senang menyadari bahwa begitu banyak yang mendukungku.

Suatu hari, Oshima Yuko mengatakan bahwa, "Cinta adalah jumlah suara". Ini adalah cinta dan di waktu yang bersamaan, adalah sebuah ikatan.

Tahun lalu, aku berada di ranking ke 6 dan menerima sekitar 67,000 vote. Tahun ini, vote meningkat menjadi 90,000. Hatiku sangat senang mengetahui bahwa aku telah mendapat banyak cinta dan berhubungan dengan kalian semua.

Sesungguhnya, aku sudah sering mengatakan, terima kasih banyak.

Tahun lalu, setelah menerima ranking ke 6, pekerjaan untukku semakin banyak.

Aku bisa tampil bermain gitar di music (di) tv show, dan bisa berkolaborasi dengan artis lainnya. Aku juga bisa bernyanyi solo di sebuah iklan. Untukku, itu adalah tahun dimana aku benar-benar berkembang.

Karena itu, orang menjadi lebih sering sering menghentikanku di jalan, dan aku sangat senang, tapi ada kalanya aku merasa sedih. Banyak orang berkata, "Kamu Yamamoto dari AKB, kan?" atau, "Kamo Sayanee dari NMB, kan?" Tapi ada orang lain yang mengatakan, "Kamu seseorang dari NBA, kan?" (memang) Mengecewakan, aku menyadari bahwa popularitas NMB belum menyebar ke seluruh negeri (prefektur).

Nah, yang harus kalian katakan saat ini adalah, "Tidak, itu tidak benar". Aku merasakan sedikit, tapi itu tidak benar, kan? Semuanya baik-baik saja, kan?

Tapi aku merasa frustasi tentang hal itu. Aku sangat mencintai NMB48, dan mungkin itu karena kami dari Osaka atau Kansai, anggota NMB yang energik, selalu rukun, dan sangat bersinar. Dalam hal apapun, kami memberikan banyak waktu (kepada orang lain),  dan bersenang-senang bersama - ini adalah grup yang aku cintai.

Jadi, dalam konser atau hal lain, kami berpikir bagaimana membuat (semuanya) lebih menyenangkan dari grup lain, dan karena aku banga menjadi bagian dari grup, dan karena aku ingin grup ini dikenal banyak orang, aku harap kalian dapat jatuh cinta juga dengan grup ini.

Akhir-akhir ini, banyak member baru yang terus berdiri di tengah stage. Dengan segala potensi, sejak aku sebagai seorang kapten, aku ingin terus meningkatkan potensi member muda.

Di single terakhir, "Bokutachi wa Tatakawanai", ada sesuatu yang membuatku frustasi untuk pertama kalinya. Aku adalah satu-satunya member NMB yang berada di lineup 16 orang senbatsu, tetapi aku abaikan itu, aku juga frustasi karena ditempatkan di barisan paling belakang.

Namun, walaupun di belakang, aku tahu banyak orang yang masih melihatku.

Selama aku bersinar, semua mata akan memandangku. Dengan itu, aku bisa melakukan yang terbaik sampai akhir.

Mimpiku adalah menjadi seorang penyanyi dan penulis lagu. Akhir-akhir ini, yang berada di pikiranku, aku punya banyak kesempatan untuk tampil di music show. Sungguh, aku telah berkembang banyak di tahun ini.

Aku masih belum berpengalaman, tapi dengan kerja keras, aku tahu bahwa aku harus meningkatkan kemampuanku dan mungkin meningkatkan kekuatanku. Aku ingin terus berkembang di bidang musik dan meningkatkan hubungan di 48 group. Aku ingin menjadi (member) yang "mempesona" dalam 48 group.

Semua akan menjadi hebat jika kalian bisa bersamaku untuk mengejar mimpi itu.

---------------------------------------------------------------------------------------

5th positon - Matsui Jurina (SKE48 Team S / AKB48 Team K)




Untuk semua pendukungku, sungguh, terima kasih banyak.

Tahun ini, aku mengatakan (bahwa) aku ingin menjadi nomor 1.

Banyak fans berkata kepadaku, "Ayo kita raih nomor #1 bersama-sama". Aku begitu senang menjadi bagian dari semuanya.

Tapi, aku menyadari bahwa mungkin belum waktunya.

Maeda Atsuko, Oshima Yuko, Sashihara Rino, Watanabe Mayu... aku pikir aku menerima tongkat dari mereka dan terus naik.

Aku masuk (di) SKE48 ketika aku berusia 11 tahun dan telah menerima posisi ganda di AKB48. Aku melihat begitu banyak member senior.

Aku melihat sisi belakang mereka, memimpinku, dan mungkin aku pikir, berikutnya, adalah giliranku untuk memimpin.

Aku benar-benar tidak tahu harus berkata apa. Aku ingin membalas (dukungan) dari kalian. Ketika aku merasa sangat sedih, begitu banyak leader yang hebat di depanku.

Setelah berusia 18 tahun, sebelum aku mengetahui itu, ada banyak member junior.

Jadi, supaya tidak membuat member junior merasa cemas, aku pikir aku akan melangkah maju dan membuat mereka merasa nyaman.

Itu sebabnya, jujur, aku merasa sangat frustasi.

Tapi, sekarang, ada api (semangat) yang membara dalam diriku!

Aku sangat senang menjadi bagian dari grup ini, dimana aku bisa begitu bersemangat.

Aku sangat senang karena (aku) terus meningkatkan (potensiku).

Jadi, jika ada election tahun depan, aku ingin menjadi nomor #1.

Mungkin, ada orang yang melihatku berpikir, "Mengapa member dari grup yang sama menginginkan ranking tersendiri?" atau "Mengapa ada election?". Tapi bagi kami, election bagaikan tongkat penunjuk jalan.

Daripada memutuskan kemana akan pergi, semua berjalan dengan sekuat tenaga, dengan memberikan kami ranking, kami dapat memahami kekuatan (kami) sendiri,

Tolong izinkan aku, dengan baik, membuat pengumuman lain.

Aku, Matsui Jurina, akan menempati ranking #1 di election tahun depan!

Aku pikir saat ini merupakan awal (dari semua), tolong dukung aku hingga election tahun depan.

Semuanya, yang telah memberikanku ranking ini, dan telah menyalakan api (semangatku), terima kasih banyak!!

---------------------------------------------------------------------------------------

4th position - Takahashi Minami (AKB48 Team A)





Pertama, untuk semuanya, sungguh, terima kasih banyak.

Tahun ini akan menjadi 10 tahunku sejak bergabung di AKB48. Di election ke-7 akan menjadi election terakhirku.

Aku datang ke sini sebagai bagian dari generasi pertama. Aku melihat banyak member yang graduated. Aku punya banyak (kisah) perjuangan, dan kenangan.

Dan, di tahun setelah masuk, ada satu hal yang aku sadari : Aku tidak pernah bisa menjadi nomor satu.

Maeda Atsuko di generasi yang sama denganku. Kemudian, Oshima Yuko. Mereka semua memiliki kharisma, kepopuleran yang tidak bisa disangkal, dan aku... Aku ingin menjadi penyanyi, dan bertujuan untuk menjadi selebriti.

Aku gagal di banyak audisi. Tapi satu audisi yang berhasil dilewati adalah AKB48. Aku ingin menjadi penyanyi, tetapi aku menjadi seorang idol. Aku tidak punya ide untuk menjadi imut, ataupun menjadi idol. Aku tidak punya ide bagaimana membuat diriku lebih populer.

Tetapi, aku jatuh cinta dengan grup ini. Aku sangat ingin melakukan yang terbaik. Sebelum aku tahu itu, aku menjadi captain. Kemudian aku menjadi General Manager.

Kemudian, di setiap pemilihan, aku merasa aku tidak bisa mengatakan bahwa aku ingin menjadi nomor 1.

Justru karena diriku mencintai kelompok ini, yang aku lihat kemana (grup ini) akan menuju.

Orang ini akan hebat sebagai center... atau itu akan hebat jika orang itu menjadi nomor satu.
Karena untuk diriku sendiri, aku sangat tidak peduli. Tetapi, ada sesuatu yang aku tahu semua yang ada di sini mengerti

Keinginan untuk berkata, "Aku ingin menjadi nomor 1." untuk election terakhirku untuk pertama kalinya, aku berkata, "Aku ingin menjadi nomor 1."

Nyatanya, aku tidak dapat mencapai tujuanku. Dan aku membuatnya sampai sejauh ini, jadi aku pikir aku mungkin menjadi # 1. Tapi, sungguh, aku merasa lega.

Aku berkata bahwa aku ingin menjadi nomor 1. Bersama dengan fansku, kami menuju ke arah tujuan bersama, dan aku senang telah mampu sampai sejauh ini. Aku benar-benar bahagia.

Aku benar-benar berpikir apa yang akan aku katakan, saat berdiri di sini. Apa yang tepat untuk dikatakan... di election terakhirku, apa yang bisa aku tinggalkan?

Oleh karena itu, apa yang terjadi selanjutnya, sesuatu yang aku ingin kalian semua mendengarkannya. Ada beberapa kata yang ingin aku tinggalkan dengan kalian semua.

Mungkin, kebanyakan dari kalian mencoba bergerak bersama, (dan) kalian merasa frustasi.
Tidak peduli berapa banyak kalian mencoba, bahkan kalian telah mencoba 100% pun, (usaha) kalian hanya dihargai 1% dari waktu...

Tapi kalian tau, hidup adalah semua tentang (perjuangan) melawan konflik (yang ada). Aku pikir ada banyak hal yang perlu dipikirkan.

Tetapi, ada saatnya kita harus melakukan yang terbaik, tetapi aku ingin kalian semua ingat hal ini : mencoba yang terbaik bukanlah sesuatu yang hanya berlangsung sesaat.

Ada 272 kandidat kali ini. 80 dari mereka dipanggil. Apakah itu artinya (member) yang tidak dipanggil tidak melakukan yang terbaik? Tidak!!
Semuanya telah melakukan yang terbaik. Semuanya terus menjalankan theater, mencoba yang terbaik untuk menyeimbangkan sekolah dan kerja dengan baik,
dan mencoba untuk mencari tahu apa yang harus mereka lakukan.

Tetapi, hanya 80 orang yang dapat berdiri di sini. Jadi, pasti, semakin lama kalian di group ini, kalian akan lupa apa artinya melakukan yang terbaik.

Apa yang sebaiknya aku lakukan untuk masuk senbatsu? Apa yang sebaiknya aku lakukan agar muncul di TV? Apa yang sebaiknya aku lakukan agar menjadi lebih populer?
Semuanya khawatir dengan hal itu.

Tetapi yakinlah, masa depan dimulai dari saat ini. Jika kamu tidak mencoba yang terbaik saat ini, tidak akan ada masa depan... tetap bekerja keras, aku tahu itulah hal yang sangat sulit.

Tetapi, aku ingin kalian semua tidak lupa (hal ini): Jika kalian tidak mencobanya, tidak akan pernah dimulai (perjuangan kalian). Setiap tahun aku selalu berkata, "Kerja keras akan selalu dihargai. Sepanjang hidupku, aku akan membuktikan hal ini." Tetapi kerja kelas tidak selalu dihargai... aku mengerti hal itu.

Tetapi, kalian tau, ada sesuatu yang telah aku sadari. Aku sangat ingin semua yang telah berusaha keras bisa dihargai. Aku pikir semuanya punya tujuan, dan semuanya mempunyai mimpi. Kalian tidak pernah tahu apakah usaha kalian akan dihargai atau tidak.

Kalian harus terus berjalan menyusuri jalan yang tidak diketahui. Aku tahu itu menyakitkan.
Tapi aku tidak ingin kalian berpikir bahwa tidak ada satupun yang melihat kalian.
Penggemar kalian pasti melihat kalian.

Inilah hal terakhir yang ingin kusampaikan sebagai bagian dari kehidupan AKB48. Jadi tolong jangan menyerah, oke?

Aku tidak pernah berpikir Matsumura akan mengatakan kata-kataku yang terkenal. Kalian tahu... itu berubah menjadi sebuah lelucon, kan?

Tetapi kalian tahu, aku graduated di tahun ini, jadi biarkan aku mengatakan hal ini. Ini akan menjadi terakhir... Baiklah, aku rasa Mariko-sama membuat bahan bercandaan dari diriku dengan beberapa versi akustik, tetapi ini kali terakhir akan menjadi versi election terakhir Takahashi Minami.

Maukah kalian katakan bersamaku? Kita mulai, bersama-sama, "kerja keras akan selalu dihargai".

Aku, Takahashi Minami, sepanjang hidupku, akan membuktikannya. Terima kasih banyak.

---------------------------------------------------------------------------------------

3rd position - Watanabe Mayu (AKB48 Team B)




Aku Watanabe Mayu dari AKB48 Team B. Terima kasih banyak!

Kali ini di posisi #3, tahun lalu aku menerima sekitar 160.000 vote, dan kali ini aku menerima lebih dari 160.000 vote. Aku sangat terhormat dan sangat senang.

Untuk semua orang yang mendukungku, benar-benar, terima kasih banyak.

Setelah menonton adegan yang menyentuh (dari) Takamina dan Maeda-san, aku berkata kepada diriku sendiri, "Ini akan sulit untuk keluar setelah itu," dan kemudian aku dipanggil ...

Itu seperti sebuah adegan yang menyentuh, dan benar itu mungkin adegan yang cukup membosankan, tapi tahun lalu aku bisa mengambil posisi #1. Di tengah itu hujan lebat, di stadion terbuka, mengingat 70.000 orang berteriak, "Mayuyu". Mendengar sambutan hangat mereka, dengan suara yang bersemangat, hal itulah yang tergambar dalam pikiranku, dan aku tidak akan pernah melupakannya.

Bahkan sekarang, aku masih ingat suara mereka, dan itu akan menjadi harta berharga bagiku.

Tahun lalu, menjadi (posisi) #1, aku bertujuan untuk sesuatu yang jauh lebih tinggi. Tahun lalu, aku mendapat (posisi) #1, dan mencoba untuk mengambilnya dua kali berturut-turut. Dalam sejarah AKB ini, tidak ada yang pernah bisa mengambil (posisi) #1 dua kali berturut-turut. Kemenangan ganda benar-benar sulit.

Kali ini, mengambil tempat ke-3, di berbagai acara yang aku hadiri dan hal yang aku lakukan, aku merasa banyak dukungan dari begitu banyak orang. Jadi untuk itu, aku benar-benar bersyukur.

Nah, mari kita lihat... Aku mengatakan bahwa aku benar-benar ingin menang ganda, tapi jujur, aku perlahan menyadari betapa sulitnya itu.

Nah, aku kira itu tidak dapat membantu. Aku tidak bisa mengelola kemenangan ganda, dan aku berakhir di (posisi) #3. Aku tidak puas karena aku selalu benci kekalahan, jadi dari sekarang, aku ingin berusaha lebih keras untuk tujuan yang lebih tinggi dan memahami apa yang ada di depanku dengan segala kekuatanku!

---------------------------------------------------------------------------------------

2nd position - Kashiwagi Yuki (AKB48 Team B / NGT48)




Untuk semuanya yang telah mendukungku dan semuanya yang telah vote aku, terima kasih banyak.

Ini ranking tertinggi yang pernah kuraih! Terima kasih banyak.

Huh, lihatlah... jika aku benar-benar jujur, (tentang) jalan menuju hari ini, aku tidak pernah takut. Tetapi, bagian dari diriku juga benar-benar senang. Tetapi dengan semua perasaan di pikiranku, yang mengarah ke hari ini,
aku bisa berdiri di panggung ini di kampung halamanku di Kyushu. Sungguh, aku pikir itu semua berkat kalian semua mendukungku.

Hmm, mari kita lihat... Ah... Untuk pertama kalinya tahun ini, aku berkata, "Dalam general election, aku akan mengambil (posisi) #1".

Aku tidak yakin apakah baik untuk aku katakan. Dan sangat menyesal, aku hanya selangkah lagi dari mencapai mimpi itu. Tapi dengan ini posisi # 2, sampai sekarang, aku sudah diandalkan dan mengandalkan begitu banyak anggota ... Aku sudah berpikir beberapa kali, "Aku tidak ingin terluka", atau, "Aku seharusnya tidak mendapat begitu banyak masalah ". Tapi dari sekarang, aku tidak akan melarikan diri lagi kemanapun.

Bersamaan dengan graduatenya Takamina, dan karena kehadiran Takamina adalah sangat penting untuk kami, aku sedikit khawatir. Namun, agar tidak membebani General Manager berikutnya, Yokoyama Yui, terlalu banyak, aku pikir itu penting bahwa setiap anggota membawa bebannya (sendiri). Jika kita melakukan yang terbaik, aku pikir kami akan menjadi kelompok AKB yang lebih besar dan lebih baik.

Selama satu tahun, aku (mendapat) posisi ganda di NMB48.

Anggota lain dan penggemar yang sangat baik, dan aku benar-benar belajar banyak.

Musim gugur ini, aku akan menjadi bagian dari grup AKB baru, NGT48.

Dalam rangka untuk membuat AKB group lebih baik, aku merasa bahwa tempat ke-2 ini ini telah mendorongku ke arah yang benar, dan dengan tanggung jawab itu, aku termotivasi untuk membuat NGT48 sebuah keberhasilan yang pasti.

Terima kasih banyak.

Tentu saja, AKB48... AKB group... mulai saat ini, bekerja sama dengan orang yang disebut berikutnya, dan karena aku sudah bilang aku ingin membuat grup AKB lebih besar, aku harap kalian semua terus mendukung kami! Terima kasih banyak!

(MC : Yukirin, satu kata: apakah Anda puas?)

Sangat puas, terima kasih banyak!!

---------------------------------------------------------------------------------------

1st position (center) - Sashihara Rino (HKT48 Team H)








Aku tidak percaya bahwa aku dapat melihat posisi yang indah kembali. Terima kasih banyak.

"Aku punya kepercayaan diri." "Aku ingin menjadi nomor 1". Aku mengatakan banyak hal hingga saat ini. Tetapi kemarin, ketika sendirian, aku berpikir, jika aku tidak menjadi nomor 1, apa yang akan aku katakan di seluruh acara? Aku berpikir banyak hal, tapi pertama-tama, tolong biarkan aku mengungkapkan rasa terimakasihku.

Untuk semua yang telah mendukungku, sungguh, terima kasih banyak.

Juga, aku selalu tidak punya kesempatan untuk berterima kasih kepada member HKT48, tetapi saat ini sebelum pengumuman posisi ke-2, aku melihat ke belakang, dengan ragu, dan banyak member berkata, "Jangan ragu. Kami ada di sini untukmu."

Biasanya, aku terlalu malu untuk mengatakannya, tapi semua orang sangat berharga bagiku. Semuanya, terima kasih!

Aku masih belum kepikiran menyusun kata-kata, tetapi tolong biarkan aku berbicara tentang diri sendiri.

Kehadiranku selalu menjadi aneh di AKB48.

Ketika aku masih menjadi siswa, aku pikir kekeliruanku agak lucu.

Tetapi, menjadi selebriti, masuk AKB48, tidak mampu menempati posisi tengah, itu membuatku selalu berpikir bagaimana aku dapat mengambil (posisi) tengah stage.

Aku selalu berpikir tentang bagaimana aku bisa menjadi Maeda Atsuko atau Oshima Yuko, tetapi aku tidak pernah menjadi seperti mereka.

Itulah yang membuatku tertantang. Aku memutuskan untuk melakukan berbagai hal dengan caraku sendiri.

Aku jelek, dadaku rata, dan sangat tidak mempunyai suatu hal yang bagus.

"Itu tidak demikian!"? Haha, terima kasih atas jawaban yang terpaksa.

Dengan kualitas yang tidak bagus dan menjadi nakal, aku mendapat posisi pertama 2 tahun yang lalu.

Tetapi itu di posisi puncak... Aku merasa itu hanya mendukung beberapa cerita :
"Si skandal utama kembali! Si pendorong di belakang HKT48."

Suatu hari nanti, aku ingin menjadi baik... disukai oleh semua orang. Itulah yang aku rasakan.

Banyak member yang imut di AKB48 group.

Tapi tahun ini, meskipun kurang dalam percaya diri, Sashihara mampu mengambil posisi # 1!

Untuk semua yang tidak percya diri... orang yang mungkin sepertiku... selalu dibully, bersembunyi di ruangan mereka, yang menyebabkan orang tua stress, orang yang sepertiku, kata siapa matahari tidak bersinar, aku dapat mengambil posisi #1 kembali.

Ini bukanlah keajaiban, ini karena aku berusaha keras untuk menerimanya. Itulah yang aku percayakan!

Aku tertinggal di belakang. Aku tidak dipilih. Untuk semua orang yang tidak dipilih, rebutlah posisi #1 ku, dan ubahlah itu menjadi keyakinan!

Seperti idol yang memberiku kekuatan, aku bahagia jika aku dapat menjadi kekuatan kalian!

Terima kasih banyak untuk hari ini.

Terakhir, baikkah jika aku melakukan hal yang selalu aku lakukan?

Akankah kalian melanjutkan untuk support AKB48 group?

(Fans : Iitomo!!)

Sekarang, lebih, lebih, lebih, lebih, yang terkuat, marilah membuat AKB48 tidak terkalahkan. Takamina-chan, aku sangat berterima kasih, maaf jika ini main-main. Kamulah senior yang aku hormati. Mulai saat ini, aku hanya ingin mengatakan bahwa aku akan melakukan yang terbaik, karena aku punya kekurangan, dan segalanya dipercayakan kepada Yokoyama karena aku pikir aku bisa tanpa harus didorong, jadi aku berpikir juga ke depan tidaklah lama, tetapi merupakan waktu yang singkat, aku ingin melakukan yang terbaik.

---------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment